Niat Sholat Jenazah Perempuan

Niat saat sholat ini  bisa kita ucapkan didalam hati, hal ini juga sesuai seperti yag di ucapkan oleh para ulama jika niat ini tidak perlu di lafazkan. Walaupun begitu ada juga beberapa ulama yang memiliki pendapat jika melafadzkan niat ini adalah Sunnah apalagi untuk kalangan madzhab Syafi’i. Supaya lebih khusuk saat melaksanakannya Anda ini bisa mengucapakannya. Pada kesempatan kali ini yuk kita lihat niat untuk sholat jenazah dan tata cara lengkapnya.

 

Niat Sholat Jenazah Perempuan

Anda ini harus tahu jika lafal untuk jenazag laki- laki dan juga jenazah perempuan memiliki perbedaan, ini dia lafaz untuk jenazah perempuan:

“Ushollii ‘alaa haadzihill mayyitati arba’a takbirootin fardhol kifaayati ma’muuman lillaahi ta’aalaa,”.

Artinya: “Saya niat salat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai makmum karena Allah Ta’ala.”

 

Niat Salat Jenazah untuk Jenazah Laki-Laki

Ini dia lafaz yang bisa Anda baca saaat menyolatkan jenazah laki-laki:

“Ushollii ‘alaa haadzal mayyiti arba’a takbirootin fardhol kifaayati ma’muuman lillaahi ta’aalaa,”.

Artinya: “Saya niat salat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai makmum karena Allah Ta’ala.”

 

Tata Cara Lengkap Melakukan Sholat Jenazah

Sholat jenazah ini terdiri dari 4 kali takbir, dalam melakukan sholat ini Anda tidak ada gerakan sujud dan juga ruku, berikut ini bacaan yang harus Ada baca dari mulai takbir pertama hingga ke empat.

  • Takbir Pertama

Takbir pertama dimulai dengan membaca Ta’awudz, yaitu:

“A’uudzubillahi minasy syaithaanirrajiim”

Artinya : “Aku berlindung dari syaitan yang terkutuk”

Kemudian di lanjutkan lagi dengan surat Al- Fatihah

  • Takbir Kedua

“Allahumma shalli ‘alaa muhammadin wa ‘alaa aali muhammadin kamaa shallaita ‘alaa ibraahimm(a) wa ‘alaa aali ibrahimm(a) wa baarik ‘alaa muhammadin wa ‘alaa aali muhammadin kamaa baarakta ‘alaa ibraahimm(a) wa ‘alaa aali ibraahimm(a) fiil’aalamiina innaka hamiidun mjiidu(un)”

Artinya : “Ya Allah, berilah rahmat kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung. Berilah berkah kepada Muhammad dan keluarganya (termasuk anak dan istri atau umatnya), sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

  • Takbir Ketiga

“Allahumma agfirlahuu warhamhuu wa ‘aafihii waa’fu ‘anhuu wa akrim nuzuulahuu wa wassi’ madkhalahuu waagsilhu bimaa-in wa tsaljin wa baradin wa naqqihii minal khathaayaa kamaa yunaqiits tsaubul abyadhu minaddanasi wa abdil-hu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wa zaujan khairan min zaujihi wa qihi fitnatal qabri wa ‘adazaabannaar(i)”

Artinya : “Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, maafkanlah dia, ampunilah kesalahannya, muliakanlah kematiannya, lapangkanlah kuburannya, cucilah kesalahannya dengan air, es dan embun sebagaimana mencuci pakaian putih dari kotoran, gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik, gantilah keluarganya dengan keluarga yang lebih baik, gantilah istrinya dengan istri yang lebih baik, hindarkanlah dari fitnah kubur dan siksa neraka.”

“Aallahumma laa tahrimnaa ajrahuu wa laa taftinnaa ba’dah(u)”

Artinya : “Ya Allah, janganlah Engkau haramkan Kami dari pahalanya, dan janganlah Engkau beri fitnah pada kami setelah kematiannya.”

  • Salam

Setelah Anda selesat membaca doa di takbir ke empat selanjutnya Anda lakukan salam untuk penutup sholat jenazah dengan mengengok ke kanan dan kiri sambil membaca:

“Assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh(u)”

Artinya: “Keselamatan, rahmat Allah dan keberkahan-Nya semoga untuk kalian semua.”

Bacaan Niat Sholat Jenazah dan Tata Caranya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *