Doa Untuk Pengantin Baru

Di dalam ajaran Islam, pernikahan merupakan sesuatu yang sakral dan suci. Sehingga pernikahan tidak boleh dilakukan sembarangan aja. Menikah juga bisa dibilang sebagai ibadah terpanjang hingga maut yang memisahkan.

Selain untuk menyatukan dua insan untuk membina rumah tangga, ada beberapa tujuan pernikahan yang harus dipahami terutama bagi mereka yang akan menikah.

Salah satu tujuan dari menikah adalah melaksanakan sunnah Rasul. Jadi, dengan menikah kita telah melaksanakan salah satu sunnah Rasul.

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Menikah itu termasuk dari sunnahku, siapa yang tidak mengamalkan sunnahku, maka ia tidak mengikuti jalanku. Menikahlah, karena sungguh aku membanggakan kalian atas umat-umat yang lainnya, siapa yang mempunyai kekayaan, maka menikahlah, dan siapa yang tidak mampu maka hendaklah ia berpuasa, karena sungguh puasa itu tameng baginya.” (HR. Ibnu Majah).

Pernikahan menjadi momen yang sangat sakral dan mulia. Bukan hanya pasangan pengantin saja yang merasakan kebahagiaan, tapi juga orang-orang di sekitarnya. Banyak orang yang mengucapkan selamat sekaligus memanjatkan doa untuk pengantin yang menikah.

Doa Untuk Pengantin Baru

Ketika menghadiri undangan pernikahan anda bisa membaca doa untuk pengantin sebagai berikut:

Baarakallahu laka wa jama’a bainakuma fi khairin. Baarakallahu likulli wahidin minkuma fi shahibihi wa jama’a bainakuma fi khairin.

Artinya: “Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.”

Ketika bersalaman dengan pengantin, anda juga bisa membaca doa:

Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khair

Artinya: Semoga Allah memberkahi engkau dalam segala hal (yang baik) dan mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan.

Doa yang Dibaca Oleh Pengantin

Selain tamu undangan, pengantin juga perlu mengucapkan doa sebagai rasa syukur karena telah menikah sebagai penyempurna agamanya. Doa ini dibacakan oleh pengantin pria sembari memegang ubun-ubun setelah akad nikah atau sebelum menyetubuhi sang istri. Adapun doanya adalah sebagai berikut:

Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.

Doa ini sesuai dengan sabda Rasulullah sholallahu ‘alaihi wassalam,

“Jika dari kalian menikahi seorang wanita, maka ucapkanlan: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya. Dan bila seseorang membeli unta, maka peganglah ubun-ubunnya dan ucapkanlah seperti itu.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah).

Doa Ketika Mau Bersetubuh

Ketika suami hendak menyetubuhi sang istri maka hendaknya membaca doa berikut ini:

Bismillah, Allahumma jannibnaassyyaithaana wa jannini syaithoona maarzaqtanaa.

Arinya: “Dengan menyebut nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.

Doa Setelah Bersetubuh

Setelah selesai bersetubuh hendaknya membaca doa berikut ini:

Alhamdu lillaahi dzdzii khalaqa minal maa i basyaraa.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air mani menjadi manusia (keturunan).

 

Berikut Ini Doa Pengantin Baru yang Bisa Diucapkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *