macam macam senam lantai

Bagi beberpa orang senam ini termasuk olah raga yang cukup menyenangkan. Untuk melakukan olah raga yang satu ini Anda hanya membutuhkan matras saja. Bagi para pemula olahraga ini juga mudah untuk di lakukan, yuk kita bahas macam macam senam lantai yang cocok untuk para pemula:

  • Gerak Kayang

Gerakan yang satu ini memang cukup sulit tapi pemula juga bisa melakukan gerakan yang satu ini. Saat kayang yang menjadi tumpuan adalah tangan dan kaki. Jika Anda ingin melakuakn gerakan ini ada dua piihan yang bisa Anda lakukan yaitu dari posisi berdiri dan posisi tidur. bagi para pemula posisi tidur lebih aman untuk di lakukan, karena resiko cedera lebih kecil.

  • Gerak Plank

Gerakan plank ini sama seperti posisi awal saat Anda akan push up, yang membedakanya gerakan yang satu ini hanya menahan tubuh Anda selama yang Anda bisa. Gerakan plank ini tidak harus banyak menggerakan bagian tubuh Anda. Tujuan dari plank ini adalah untuk membuat otot inti menjadi kuat, membuat perut jadi berotor dan bisa juga untuk memperbaiki postur tubuh. Walaupun gerakan ini sangat mudah dan tidak seperti senam lantai yang lainnya tapi belum tentu semua orang bisa menahan posisi plank dalam waktu yang lama. Anda ini membutuhkan energy yang banyak untuk bisa menahan tubuh Anda hanya dengan lengan dan kaki saja.

  • Gerak Jembatan (Bridge)

Gerakan senam lantai yang satu ini bisa dibilang mirip dengan plank tapi gerakan ini jauh  lebih mudah karena tumpuan nya in lebih besar yaitu kepala hingga lengan dan juga kaki. Gerakan yang satu ini membuat tubuh jadi terlihat seperti jembatan. Gerakan yang satu ini masuk ke dalam gerak dasar untuk latihan yoga dan sangat baik untuk meningkatkan kelenturan tubuh. Gerakan yang satu ini membuat anggota tubuh yang lain menopang bagian perut, bokong, pinggul, dan juga pinggang. Tujuan dari gerakan ini adalah untuk mempekuat tulang yang ada di bagian bokong, bagain paha, dan juga otot pinggul serta punggung yang ada di bagian bawah.

  • Gerak¬†Bicycle Crunch

Sama dengan namanya gerakan yang satu ini mirip dengan gerakan saat mengayuh sepeda. Tapi gerakan yang satu ini dilakukan di atas matras dan sama seperti mengayuh sepeda biasanya. Tujuan dari gerakan yang satu ini adalah untuk membakat lemak yang ada di perut. Dengan lemak yang terbakar maka perut Ada bisa jadi mengecil dan jadi berotot.

 

Manfaat Senam Lantai

  • Mencegah timbulnya penyakit

Senam lantai ini bisa membantu untuk mengurangi resiko penyakit yang bia mengganggu kesehatan misalnya diabetes, penyakit jantung, obesitas, kanker, dan juga asma. Dengan senam lantai juga bisa membantu untuk mengurangi resiko terkena osteoporosis di kemudian hari.

  • Meningkatkan Fleksibilitas

Jika otot lebih fleksibel maka kemungkinan kecil untuk mengalami cedera. Walaupun dalam menyelesaikan aktivitas sehari- hari kita ini membutuhkan otot yang fleksibel.

  • Meningkatkan konsentrasi

Jika Anda rajin melakukan senamm lantai ini bisa membantu and auntuk menambah focus dan menguragi resiko cedera. Dengan meningkatnya konsentrasi bisa juga membantu meningkatkan kemampuan memori dan fungsi kognitif bagi seseorang.

  • Meningkatkan Kekuatan

Senam lantai ini selalu bertumpu dengan kekuatan badan untuk meningkatkan otot tubuh, keseimbangan, dan kekuatan inti. Latihan senam ini bisa juga membantu untuk membuat otot jadi lebih kencang.

 

Manfaat Senam Lantai dan Gerakan Senam Lantai untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *